Rabu, 18 Juni 2008

Oseng Kikil-Daun Jeruk

Bahan:

· ½ Kg kikil sapi yang sudah direbus dan dibersihkan (siap beli)

· 4 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, iris halus

· 3 butir cabe merah keriting, 2 butir cabe ijo, iris-iris

· ½ buah tomat, iris

· 4 lembar daun jeruk, iris halus

· Garam

· Gula

· Kaldu bubuk secukupnya

· Minyak goreng untuk menumis

· Air secukupnya

Cara membuat

· Didihkan air, rebus kikil sebentar untuk menghilangkan kotoran yang terbawa dari rebusan di pasar. Tiriskan, potong kecil-kecil.

· Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabe dan daun jeruk hingga harum, masukkan tomat dan kikil.

· Beri sedikit air, masukkan garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya, biarkan hingga airnya berkurang.

· Jika rasanya sudah pas, matikan apinya dan siap dihidangkan.

Reviews saya:

Aslinya, resep ini gak pake kikil, bahan dasarnya adalah usus ayam yang direbus. Saya dapet waktu makan di sebuah restoran ayam bakar di Bogor kota. Harga oseng-osengnya murah banget, sepiring kecil cuma 2500 rupiah, tapi rasanya…leker banget…

Perpaduan pedes cabe sama harum daun jeruknya…ajiiiiibbbb banget. Suami yang memang pada dasarnya doyan sama rasa yang berbau ‘jeruk sambal’ atau beraroma ‘daun jeruk’ langsung kepincut berat karena rasa daun jeruknya yang nendang abis-abisan. Saya perhatiin, ternyata daun jeruk yang dipakai diiris halus tipis-tipis (biasanya kalau saya masak, daun jeruknya cuma saya sobek doing=) ). Makanya itu kali yang bikin aromanya semriwing banget. Nah waktu di rumah kebetulan ada kikil sapid an bingung masaknya diapain, saya akhirnya nyoba mengadaptasi resep usus ayam itu ke oseng-oseng kikil. Kata suami sih rasanya….ajiiiibbbb banget banget…karena gak berasa bau usus ayamnya katanya…ya iyalah kan kikil…

Sekarang resep ini jadi salah satu resep alternatif kalau udah mulai bosen masakan-masakan yang berasa ‘berat’ karena rasa masakan ini menurut saya dan suami sih…ajib tapi ringan banget…

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!