Kamis, 19 Juni 2008

Tempe ala Cafe de late

Bahan

· Tempe (pilih yang kualitasnya bagus)

· Tepung bumbu siap pakai (sajiku, kobe atau yang lain)

· Air secukupnya

· Minyak untuk menggoreng

· Saus thousand island dressing siap pakai

· Saus sambal botolan

Cara membuat

· Potong-potong tempe potongan mendoan

· Rendam tempe di air sebentar

· Tiriskan, gulingkan ke tepung bumbu, tekan-tekan sampai tepung rata

· Simpan 1-2 jam di freezer

· Goreng tempe bertepung sampai kuning kecoklatan

· Sajikan hangat dengan saus thousand island dan sambal botolan.

Reviews saya :

Tempe ala café de latte ini sebenernya gabungan dari resep ‘tempe jaket’ ala mama saya. Suami yang memang pada dasarnya ‘tempe minded’ sering banget minta dibuatin ‘tempe jaket ala mama’ ini, apapun temennya, entah itu oseng-oseng, sop, gado-gado, opor atau apa aja…, sampai-sampai saya ngerasa ‘blenger’ sama tempe jaket ini. Nah, karena saya suka banget makan salad dengan ‘thousand island dressing’ dan doyan makan udang goreng yang dicocol ke mayonnaise (di sebuah resto café ternama=) ), makanya pas di rumah kebetulan ada saus thousand island, saya coba cocol tempe jaket kesukaannya suami ke saus thousand island itu. Heemmm…cocok di lidah saya dan rasa ‘blenger tempe’ ilang begitu aja. Lidah dibelai rasa garing dan rasa ‘tempe’ yang nyampur dengan rasa ‘creamy seger’ dari thousand island. Trus, suami yang ngeliat kelakuan saya, ikut-ikutan nyobain dan nyampurin saus sambal botolan ke thousand islandnya. Yummm…jadilah penganan hasil kreasi kami berdua berjudul ‘tempe ala café de latte’ ini. Coba deh, enak koq buat dijadiin cemilan tradisional dengan internasional touch…=). Jadilah sekarang tempe ini cemilan favorit saya dan suami, juga adik suami yang sering mampir ke rumah kalo weekend. Yah…bisa jadi kalo nanti ada kerabat lain mampir, tempe ini bakal saya suguhin juga, selain gampang bikinnya, murah, juga enak dan gak ‘ngampung’. Cuma harus dipilih tempe yang kualitasnya bagus, biar hasil gorengannya enak. Gorengnya juga pake api sedeng aja, jangan pake api besar, biar hasilnya crispy ke dalem-dalemnya…=).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mbak.. coba main2 ke blog temen saya
http://lidiasianturi.blogspot.com
disana banyak resep masakan jg