Minggu, 15 Juni 2008

Tentang dapur-dapur...

Gak berasa, hampir 3 tahun jadi istri. Dan selama itu juga, saya berusaha (dengan sangat keras=) ) untuk belajar MASAK=). Maklum, saya dulu KUPER banget dengan yang namanya masak memasak. Mama saya sampai bilang “masa kamu ngegoreng aja gak bisa…” hahaha mungkin karena mama ngeliat saya megang penggorengan dan sudipnya aja koq gak bisa…=) hihihi…
Gak tau dulu gak nyempetin belajar atau males (hahaha sama aja kan=) ), saya bener-bener deh gak bisa masak. Yang saya bisa cuma masak air, masak mie instant dan ngegoreng telor…
Kalau dibilang saya dulu sibuk kuliah, bolak-balik Bandung-Jatinangor (saya kuliah di Jatinangor dan rumah di Bandung), pergi pagi dan pulang ampir malem. Libur sabtu-minggu ya buat ngerjain tugas…, mungkin itu juga yang jadi penyebab.
Tapi kata mama, …ah dasar kamunya aja malas…=) hahahaha….
Ya…bisa jadi…=)

Kebayang dong saya nikah dan belum bisa masak…oughhhhh…merepotkan sekali. Tapi untungnya nih, dulu kalo hari sabtu dan minggu, saya suka bantuin mama dikit-dikit di dapur, ngupas bawang, ngupas kentang, ngulek bumbu…yah yang gampang-gampang aja…=). Dan saya suka banget ngamatin mama masak, dan nyatet di otak saya…masakan ini bumbunya apa, masakan itu bumbunya apa, setidaknya saya berkesimpulan waktu itu…masakan itu punya bumbu mayor…yaitu bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Yang lainnya bumbu minor…hem…=).
Dan satu lagi kesimpulan saya waktu itu, masak itu harus pake cinta…
Karena saya koq suka ngerasa walopun masakan mama saya sedikit ngasal, tapi rasanya….ajiiiiiiibbbb banget….=).

Sekarang sih saya udah bisa masak…(syukur Alhamdulillah)…dan nyenengin suami…(hahahaha). Tapi itu bukan tanpa PERJUANGAN loh…
Mulai dari nyari resep ke mama, (kebayang kan kalo mau masak saya sms dulu masakan X bumbunya apa aja tepatnya…hahaha…), beli buku-buku masak, nyari resep di internet, liat-liat resep di majalah ‘n Koran…hahahaha.
Kalo yang kayaknya ‘enak’ saya coba dan praktekkan. Tapi kalo ada yang agak saya gak ngerti dan gak masuk akal…(misalnya bumbunya aneh dan macam-macam), saya gak coba…kayaknya ngebayanginnya aja saya udah gak doyan hahahah.
Rata-rata yang saya coba sih enak dan asyikkkkk…

Gak berasa resep yang saya punya udah bejibunnnnn banget. Daripada kececer dimana-mana mending saya taro di blog. Temen-temen yang mau ambil resepnya silahkan…monggo…, jangan lupa kalau sudah dicoba, direview apa yang kurang yah…

Saya juga masukkan tips-tips masak yang saya biasa pake (dari mama, dari pembantu saya, dari majalah, Koran, dsb…dsb…)

Oyah, untuk kelancaran saya belajar “Masak” selama ini. Saya mendisiplinkan diri, jadi walopun saya punya pembantu rumah tangga, tugasnya hanya beres-beres dan ngasuh anak saya kalo saya ke kantor aja. Urusan masak…saya masak sendiri…=) hahahaha… bangga banget yah….

Tidak ada komentar: